Tentang SKHB Program Studi Admisi Akademik Fasilitas Service Direktori Kegiatan Kontak Bahasa

Sarjana Kedokteran Hewan

Program Studi Sarjana Kedokteran Hewan (PS SKH) diselenggarakan dengan masa studi selama 4 (empat) tahun dan merupakan bagian tak terpisahkan dari Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Hewan (PS PPDH).

Lulusan PS Sarjana Kedokteran Hewan dianugerahi gelar Sarjana Kedokteran Hewan (S.KH). Selanjutnya, lulusan PS Sarjana Kedokteran Hewan dapat melanjutkan ke PS Pendidikan Profesi Dokter Hewan untuk memperoleh gelar Dokter Hewan (Drh).

Pembelajaran dilaksanakan berbasis kompetensi dengan menggunakan berbagai metode termasuk Student Centered Learning dan Problem-Based Learning.


Capaian Pembelajaran

  1. Mampu menjelaskan dan mengaplikasikan IPTEKS biomedik dan mengkategorikan hewan sehat dan sakit, berdasarkan gambaran anatomis-fisiologis, gejala klinis, perubahan patologis, dan teknik diagnostik laboratorium secara tepat.
  2. Mampu menjelaskan tentang pengendalian, pemberantasan, dan pengobatan penyakit hewan dan zoonosis, promosi kesehatan dan kesejahteraan hewan serta menjamin keamanan dan mutu produk hewan secara tepat.
  3. Menguasai konsep struktur hewan, kesehatan hewan, diagnostik laboratorium, penyakit zoonotik untuk bekerja sebagai peneliti, pendidik, quality assurance, quality control, wirausahawan, birokrat/pegawai pemerintahan.
  4. Memiliki jiwa leadership, kemampuan wirausaha, mampu berkomunikasi, gigih, dan bertanggung jawab pada pekerjaan secara mandiri maupun berkelompok, menghormati klien dan tim kerja, serta memiliki spiritualitas dan komitmen yang tinggi.


Kurikulum

Kurikulum PS Sarjana Kedokteran Hewan dan PS Pendidikan Profesi Dokter Hewan disusun berdasarkan (1) Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), (2) Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), (3) the OIE Day 1 Graduate Competency dari Organisasi Kesehatan Hewan Dunia (the World Organization for Animal Health, WOAH), (4) kebutuhan dan masukan dari para pemangku kepentingan, serta (5) visi dan misi IPB University.

Kurikulum PS Sarjana Kedokteran Hewan dilaksanakan dalam waktu 8 semester dengan jumlah 158 sks.

Struktur Kurikulum Deskripsi Mata Kuliah Buku Panduan

 


Lulusan

Mahasiswa PS Sarjana Kedokteran Hewan yang telah lulus akan melanjutkan ke PS Pendidikan Profesi Dokter Hewan untuk dapat menjadi seorang dokter hewan.