Mahasiswa IPB University telah melakukan Evaluasi Proses Belajar Mengajar (EPBM) untuk mengukur efektivitas kegiatan akademik pada Semester Ganjil 2024/2025 yang lalu. Hasil evaluasi dari mahasiswa melalui EPBM ini diumumkan kepada seluruh dosen Sekolah Kedokteran Hewan dan Ilmu Biomedis (SKHB) IPB University pada acara “Kick-off Meeting: Sosialisasi Awal Semester Genap Tahun Ajaran 2024-2025 oleh Prof. Ni Wayan Kurniani Karja, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan.
Acara ini dilaksanakan pada tanggal 22 Januari 2025 di Aula Transformasi SKHB IPB University, telah menjadi agenda rutin di tiap awal semester. Sosialisasi awal semester ini penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada semester berikutnya.
Setiap mahasiswa wajib mengisi EPBM sebanyak dua kali setiap semester, yaitu sebelum ujian tengah semester (UTS) dan sebelum ujian akhir semester (UAS). Evaluasi meliputi evaluasi setiap mata kuliah dan dosen pengampu. Mahasiswa tidak hanya memberikan penilaian, tetapi juga dapat menyampaikan saran yang bersifat konstruktif bagi peningkatan proses belajar-mengajar, mulai dari proses pembelajaran, cara penyampaian, kelengkapan bahan ajar, hingga sarana dan prasarana pembelajaran.
EPBM memastikan anonimitas setiap pengisi sehingga mahasiswa dapat dengan bebas menyampaikan pendapat dan saran mereka. Berdasarkan hasil EPBM, sebagian besar mata kuliah dan dosen (99,78%) mendapatkan penilaian yang EPBM dengan nilai di atas 3 (skala 1-4). Beberapa masukan dari mahasiswa umumnya terkait metode penyampaian materi agar lebih jelas dan interaktif, serta perbaikan pada suasana dan kondisi proses pembelajaran yang lebih nyaman dan komunikatif.
Segala masukan dari mahasiswa ini telah disampaikan kepada masing-masing koordinator mata kuliah untuk evaluasi dan perbaikan di masa yang akan datang. SKHB sangat mengapresiasi segala masukan dari mahasiswa dan menjadikan masukan tersebut sebagai acuan untuk peningkatan kualitas pembelajaran pada semester yang akan datang. (AP)
Hasil Evaluasi Proses Belajar Mengajar Semester Genap Tahun Ajaran 2024/2025 ini sesuai dengan program Pembangunan Berkelanjutan yang mendukung beberapa indikator Sustainable Development Goals (SDGs) sesuai dengan tujuan, yaitu 4 dan 8.