Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) IPB University menerima kunjungan Indonesia One Health University Network (INDOHUN)  dan One Health Collaborating Center (OHCC) Universitas Cendrawasih ke GHA-OHCC IPB yang ada di SKHB, pada Jumat, (17/02). Tamu kunjungan diterima langsung oleh Koordinator Tim Pembentukan GHA-OHCC IPB Prof. Dr. Drh. Srihadi Agungpriyono, Ph.D, PAvet(K), Dipl.ACCM, serta para pengurus GHA-OHC IPB. Kegiatan kunjungan ini dalam rangka mengenalkan OHCC Universitas Cendrawasih (UNCEN) kepada GHA-OHCC serta bertukar informasi mengenai kegiatan masing-masing OHCC.

Acara kunjungan diawali  dengan diskusi kerjasama lintas sektor dan rencana kolaborasi multidisiplin antara dokter, dokter hewan, ahli ekologi, dan profesional yang lain. Kerjasama multidisiplin, kolaborasi komunikasi, dan koordinasi ini untuk mewujudkan pendekatan One Health. Kegiatan dilanjutkan tour melihatfasilitas yang terdapat di SKHB. Kegiatan tour didampingi oleh Koordinator INDOHUN Prof. Dr. Drh. Srihadi Agungpriyono, Ph.D, PAvet(K), Dipl.ACCM. Fasilitas yang dikunjungi termasuk Laboratorium Pendidikan dan Layanan yang selama ini digunakan untuk penelitian virus-virus pada kelelawar.

Kunjungan  INDOHUN dan OHCC Universitas Cendrawasih ini diharapkan akan menghasilkan suatu bentuk kegiatan yang akan mempromosikan One Health di tingkat lokal dan regional serta memastikan keberlanjutan dan penerapan pendekatan One Health dengan melibatkan pemerintah daerah, masyarakat, dan stakeholder setempat. (AP)