Evaluasi proses belajar mengajar (EPBM) dilakukan oleh mahasiswa untuk menilai kegiatan belajar mengajar. EPBM diisi oleh mahasiswa sebanyak dua kali, yaitu sebelum ujian tengah semester dan sebelum ujian akhir semester. Selain memberikan penilaian, mahasiswa juga dapat memberikan saran dan masukan terkait proses belajar-mengajar dan fasilitas pembelajaran, baik kepada dosen juga kepada mata kuliah. Saran masukan ini bermanfaat untuk perbaikan mata kuliah di semester selanjutnya.

Hasil evaluasi dari mahasiswa tersebut disampaikan secara langsung kepada dosen SKHB IPB melalui acara “Kick off: sosialisasi awal semester Ganjil 2024/2025 dan apresiasi sivitas” oleh Wakil Dekan bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. drh. Ni Wayan Kurniani Karja, pada hari Rabu, 31/8/2024.

“Hasil evaluasi dari mahasiswa menunjukkan proses kegiatan perkuliahan oleh dosen sudah berlangsung dengan sangat baik. Mahasiswa menyampaikan bahwa dosen memberikan materi dengan baik dan jelas. Meskipun demikian, beberapa masukan dari mahasiswa masih perlu kita perbaiki. Beberapa di antaranya: beberapa perlu update beberapa bahan ajar, soal ujian lebih disesuaikan pada materi yang telah disampaikan, serta informasi tugas dan materi kuliah dapat disampaikan pada tenggang waktu yang cukup, serta perlunya penggunaan bahasa inggris di setiap materi kuliah untuk mahasiswa internasional” papar Ni Wayan terkait hasil EPBM.

Mahasiswa yang memberikan saran melalui EPBM dilaksanakan dengan system aninomous, yakni tidak diketahui identitasnya sehingga mahasiswa dapat dengan terbuka menyampaikan saran.

“Penyampaian saran dari hasil EPBM ini kita jadikan pijakan untuk peningkatan kualitas pembelajaran di semester berikutnya,” pungkas Ni Wayan.

Selain informasi terkini pendidikan dan kemahasiswaan, pada akhir kegiatan dilaksanakan acara apresiasi kepada civitas academica SKHB IPB yang masa jabatannya telah habis per tahun ini. Berikut nama-nama civitas yang sudah atau akan purnabakti pada tahun ini, yaitu:

  1. Heri Lukman Taher TMT 01 Maret 2024
  2. Ludi Prata Rizkian TMT 01 Mei 2024
  3. Dr. Drh. Joko Pamungkas TMT 01 Mei 2024
  4. Dr. Drh. Elok Budi Retnani TMT 01 Mei 2024
  5. Rini Andrini TMT 01 Juli 2024
  6. Lely Kodriah TMT 01 Agustus 2024
  7. Wiyanta, S.E. TMT 01 September 2024
  8. Prof. Dr. Drh. Iman Supriatna TMT 01 Oktober 2024

SKHB mengapresiasi segala masukan dari mahasiswa dan akan menjadikan masukan tersebut sebagai landasan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada tahun ajaran mendatang. Sosialisasi persiapan awal semester dan apresiasi ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja civitas academica SKHB IPB di semester yang akan datang. (AP)

Narasumber: Prof. drh. Ni Wayan Kurniani Karja

Keterangan foto: Foto saat penyampaian materi EPBM

Kata kunci: EPBM, Akademik, Kuliah, Apresiasi

Kata kunci SDGs:  SDG 2 SDG 4 SDG 12