Himpunan dan Profesi Ornithologi dan Unggas Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) IPB University mengadakan Kontes Ayam Ketawa Nasional (KAKNAS) ke-13 2024 dengan Tema “The Art of Ayam Ketawa: A Celebration of Indonesian Culture”. Kontes ini membantu pelestarian ayam ketawa sebagai sumber daya genetik plasma nutfah asli Indonesia sekaligus menjadi media edukasi masyarakat mengenai seluk beluk ayam ketawa. Acara ini terdiri dari lomba fotografi online, lomba fotografi offline, dan kontes ayam ketawa.

Kegiatan Kontes Ayam Ketawa Nasional ke-13 2024 (KAKNAS 2024) dilaksanakan pada hari minggu, 15 September 2024.  Fotografi online diikuti oleh 21 orang dengan total 31 karya dan fotografi offline diikuti oleh 9 peserta dengan total 13 karya. KAKNAS 2024 mengadakan kontes ayam ketawa dengan enam kategori, yaitu: slow, dangdut, remaja, durasi, disco, dan kerajinan bunyi dengan total peserta 165 ayam yang mengikuti kompetisi tersebut.

Kegiatan KAKNAS 2024 berjalan dengan lancar karena dukungan dan kontribusi dari berbagai pihak, termasuk media partner telah membagikan informasi acara ini dan para sponsor yang membantu menyukseskan acara ini.  Mahasiswa SKHB IPB University selaku panitia mengucapkan terimakasih banyak atas kehadiran para peserta, pihak sponsor, dan media partner yang telah membantu menyukseskan acara ini. (HA)

Keterangan foto: Foto Bersama dengan Wakil Rektor Bidang Pendidikan Dan Kemahasiswaan, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan serta panitia

Kata kunci: Kontes Ayam Ketawa, Ayam Ketawa, Himpro Ornithologi dan Unggas.

Kata kunci SDGs:  SDG 17