Departemen Pengembangan Sumberdaya Mahasiswa bersama dengan Departemen Akademik dan Prestasi BEM SKHB 2023/2024 kabinet Chimera mengadakan kompetisi bertaraf nasional untuk mahasiswa dan siswa SMA bertajuk Veterinary Scientific and Creative Event (VSCE) 2024. Tema yang diangkat pada tahun ini adalah Breaking Down Barriers: Advancing Animal and Human Health to Prevent Outbreaks by One Health. Kegiatan ini berlangsung dalam dua tahap, yakni pre-event perlombaan dan main event yang dilaksanakan dalam dua hari pada 28-29 September 2024 di SKHB IPB University.

 

VSCE tahun ini memiliki wajah baru dengan melaksanakan lomba debat berstandar Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) dengan juri terakreditasi. Selain itu, terdapat dua cabang lomba lainnya, yakni LKTI dan infografis yang berhasil memicu awareness mahasiswa dan siswa SMA terkait isu one health. Pada main event, diadakan seminar nasional berkolaborasi bersama GHA-OHCC IPB University dan narasumber ahli di bidang one health, yakni drh. Nur Purba Priambada, dipl. ACCM dan Prof. drh. Srihadi Agung Priyono, PhD, PaVet(K). Meskipun dilaksanakan secara luring pada hari Minggu, seminar berlangsung dengan diskusi menarik terkait Global Health Security dan dihadiri oleh perwakilan mahasiswa dari hampir seluruh universitas di Indonesia, diantaranya IPB University, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung, Universitas Riau, Universitas Hasanuddin, Jakarta Global University, hingga kalangan umum. Dico (Chelodina mccordi), maskot VSCE 2024, yang merupakan lambang keserasian kesehatan hewan, manusia, dan lingkungan menjadi icon yang dikenal luas oleh civitas SKHB dan juga khalayak umum.

 

Perlombaan VSCE tahun ini menghasilkan juara dari berbagai SMA dan Universitas. Lomba debat dimenangkan oleh tim Ayam Bakar Bu Bejo dari IPB University serta Best Speaker diraih oleh saudara Revandra Athaya R dari IPB University. Selain itu, untuk lomba Karya Tulis Ilmiah dimenangkan oleh Tim Dewa Desta dari IPB University yang sekaligus meraih Best Presentation. Untuk lomba Infografis SMA dimenangkan oleh Hellen Maulida Agrisa Mukti dari SMA Insan Kamil yang juga meraih Juara Favorit. Yang terakhir adalah lomba Infografis Mahasiswa yang dimenangkan oleh Yoga Dwi Prismawanto dari IPB University dan juara favorit diraih oleh Alya Nabila dari IPB University. (AP)