Tentang Kami Program Studi Fasilitas Layanan Kehidupan Kampus Direktori Akademik Event Kontak

SKHB IPB University Selenggarakan Pelatihan Diagnostik Ultrasonografi Abdomen pada Hewan Kecil

Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) IPB University mengadakan pelatihan Continuing Professional Development (CPD) tentang Diagnostik Ultrasonografi Abdomen pada Hewan Kecil tingkat intermediate. Pelatihan ini dilaksanakan secara luring (19-21/1) di Rumah Sakit Hewan Pendidikan (RSHP) IPB University. 

Pelatihan CPD ini merupakan kerjasama antara SKHB dengan IPB Training dan diikuti oleh 20 orang dokter hewan sebagai peserta. Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan mengasah keterampilan para dokter hewan di bidang ultrasonografi.

Dalam pelatihan ini, Prof. drh. Deni Noviana, Ph.D, DAiCVIM menjelaskan mengenai prinsip-prinsip pemeriksaan USG abdomen serta pengantar workshop USG.

“Pada hari kedua, workshop dimulai dengan identifikasi kelainan pada organ yakni USG vesica urinaria, USG lambung, USG usus, USG pankreas. Setelah itu, dilanjutkan dengan workshop identifikasi kelainan pada organ yakni USG limpa, USG hati dan kantung empedu, USG ginjal,” ujar Aulia penanggung jawab pelatihan.

Hari terakhir, tambahnya, kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan alat, demo teknik scanning organ dan identifikasi kelainan. Workshop juga memberikan pengetahuan teknik identifikasi kelainan pada organ, yakni USG reproduksi jantan, USG reproduksi betina, USG abdomen peritoneum, serta telnik melakukan biopsi jaringan organ.

“Kegiatan pelatihan ini meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kami, terutama dalam melakukan teknik pemeriksaan diagnostik ultrasonografi,” ucap salah satu peserta. (ns)