Tentang Kami Program Studi Fasilitas Layanan Kehidupan Kampus Direktori Akademik Event Kontak

SKHB IPB University Selenggarakan Studium Generale Mahasiswa PPDH Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023

SKHB IPB University selenggarakan dua kali Studium Generale untuk Mahasiswa PPDH (Program Pendidkan Profesi Dokter Hewan) Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023 pada 16-17/01 dan 19/01, secara daring dan luring, bertempat di Ruang Kuliah A dan B SKHB IPB University. Pekan Studium General merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa PPDH (Semester 1, 2, dan 3) yang pelaksanaannya sepekan menjelang kegiatan perkuliahan. Berbagai narasumber dari Dosen SKHB dan Mitra Program PPDH menyampaikan materi terkait kegiatan yang akan dijalani selama satu semester ke depan oleh masing-masing koordinator mata kuliah.

Kegiatan hari pertama menghadirkan narasumber Direktorat Kesehatan Hewan Koordinator Pengamatan Penyakit Hewan drh. Syafrison Idris; Head of Health and Disease Control Departement PT. CJ Group-PT. Super Unggas Jaya drh. Komang Budiarta; Kepala Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewan Drh Wisnu Wasisa Putra, MP; Country National Veterinary Advisor at FAO ECTAD Indonesia drh. Farida Camallia Zenal, M.Sc.

Drh. Wisnu menyampaikan peran dokter hewan karantina dalam pencegahan ke luar dan masuk penyakit hewan, yaitu melakukan pemeriksaan kebenaran dokumen persyaratan dan kesesuaian fisik dengan media pembawa yang dilalu-lintaskan, seperti hewan, produk hewan, atau media pembawa lain; melakukan pemeriksaan gejala klinis pada hewan; melakukan pengasingan dan pengamatan pada hewan untuk memastikan bebas dari gejala klinis penyakit hewan menular; melakukan pengambilan sampel dan pemeriksaan laboratorium untuk tindakan karantina lebih lanjut; dan memastikan hewan bebas penyakit.

Rangkaian kegiatan hari kedua menghadirkan narasumber Komisaris PT Medion Peter Yan; Account Manager Companion Animal di MSD Animal Health drh. Andrianus Marcel Martino P; RA Senior Specialist di MSD Animal Health drh. Ayu Berlianty; Asisten Direktur Bidang Pelayanan Medik RSHP drh. Arni Diana Fitri, M.Si; serta Kepala Departemen PMP CRO Hewan Laboratorium PT Bio Farma drh. Darsono.

Dalam kesempatan ini, salah satu narasumber, Peter Yan, menjelaskan tentang bisnis peternakan dan peran dokter hewan di industri farmasi veteriner. “Peran dokter hewan dalam industri farmasi veteriner berperan sebagai research and innovation, research and development, dan laboratory and animal testing.  Peran sebagai research and innovation ialah menganalisis kebutuhan dan mengembangkan produk dan teknologi inovatif terkait proses bioteknologi untuk memenuhi visi dan misi perusahaan. Peran sebagai research and development yaitu merencanakan, mengendalikan, dan mengevaluasi pengembangan produk dan pendukungnya sehingga produk tersebut sesuai target spesifikasi. Peran berikutnya sebagai laboratory and animal testing yaitu merencanakan, mengendalikan, dan mengevaluasi kegiatan uji coba produk di internal maupun bekerjasama dengan lembaga penelitian,” ungkap Peter Yan.

Hari terakhir kegiatan Studium Generale menghadirkan narasumber Dosen SKHB IPB University sesuai dengan kepakarannya. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan bagi mahasiswa PPDH tentang perkuliahan, praktik serta kondisi dunia kerja setelah lulus menjadi dokter hewan. (ns)