Tentang Kami Program Studi Fasilitas Layanan Kehidupan Kampus Direktori Mahasiswa Event Kontak Akreditasi

Petugas Pemeriksa Kesehatan Hewan dan Daging Kurban SKHB IPB University Lakukan Penyegaran Praktik Pemeriksaan Antemortem dan Postmortem

Selain bekal teori, Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) IPB University juga bekali Petugas Pemeriksa Kesehatan Hewan dan Daging Kurban dengan keterampilan (praktik) untuk pemeriksaan antemortem dan postmortem, 30/06. Keterampilan ini diperlukan saat pemeriksaan hewan dan daging kurban dalam kondisi wabah PMK. Praktik pemeriksaan antemortem dan postmortem ini diikuti oleh 144 mahasiswa program Sarjana dan PPDH (Pendidikan Profesi Dokter Hewan) dan 8 dosen SKHB. Kegiatan dilaksanakan di dua lokasi, yakni Rumah Sakit Hewan Pendidikan dan lapangan Pad Dock SKHB IPB University.

“Salah satu upaya SKHB IPB dalam menjamin petugas pemeriksa yang diturunkan ke masyarakat memiliki kemampuan yang baik dalam pemeriksaan antemortem dan postmortem, yaitu dengan memberikan pelatihan terhadap petugas pemeriksa yang akan diterjunkan ke masyarakat,” jelas Dr. Herwin Pisestyani selaku Ketua Pelaksana.

 “Pembekalan berupa praktik melengkapi pembekalan teori yang telah dilakukan di hari sebelumnya. Dengan kedua jenis pembekalan ini, petugas kurban SKHB diharapkan dapat memeriksa kesehatan hewan dan daging kurban dengan tepat dan benar, sehingga daging dari hewan kurban yang akan dikonsumsi oleh masyarakat terjamin aman, sehat, utuh dan halal (ASUH),” imbuhnya.

Kegiatan praktik dilaksanakan dalam satu sesi. Mahasiswa dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil, masing-masing terdiri dari sepuluh mahasiswa dan didampingi satu dosen. Setiap mahasiswa mengikuti dua kegiatan praktik, yakni praktik pemeriksaan antemortem di lapangan dan praktik pemeriksaan postmortem di ruang laboratorium.

“Saya sangat terbantu dengan adanya pembekalan. Pembekalan ini telah mengajarkan cara serta praktik terkait pemeriksaan hewan kurban dalam kondisi wabah PMK sebelum turun ke lapang,” ungkap salah satu mahasiswa peserta. (ns)