Tentang Kami Program Studi Fasilitas Layanan Kehidupan Kampus Direktori Mahasiswa Event Kontak Akreditasi

SKHB IPB University Terjunkan Petugas Pemeriksa Kesehatan Hewan dan Daging Kurban ke Wilayah Bogor, DKI Jakarta, Depok, dan Bekasi

Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) IPB University telah memberangkatkan Petugas Kesehatan Hewan dan Daging Kurban, pada (9-10/7). Sebanyak 279 mahasiswa sebagai petugas pemeriksa kesehatan hewan dan daging kurban terdiri dari mahasiswa program Sarjana, Pascasarjana, Program Pendidikan Profesi Dokter Hewan (PPDH), dokter hewan yang baru lulus, serta 43 dosen SKHB IPB University. Kegiatan ini bertujuan memeriksa kesehatan hewan dan daging kurban dalam kondisi wabah PMK. SKHB IPB University menerjunkan mahasiswa ke beberapa titik wilayah di daerah Bogor, DKI Jakarta, Depok, dan Bekasi bekerja sama dengan Dinas setempat.

“Pemberangkatan petugas pemeriksa kesehatan hewan dan daging kurban didampingi oleh dosen kordinator wilayah masing-masing. Untuk daerah Bogor dan Jakarta diberangkatkan H-1 Idul Adha, sedangkan untuk wilayah DKI Jakarta dan Bekasi diberangkatkan bertepatan saat Idul Adha,” ungkap Dr. drh. Herwin Pisestyani, M.Si selaku Ketua Pelaksana.

“Adapun wilayah dan jumlah petugas pemeriksa yaitu Kabupaten Bogor sebanyak 100 orang, Kota Depok sebanyak 30 orang, Kota Bekasi sebanyak 50 orang, DKI Jakarta sebanyak 60 orang, dan permintaan khusus dari DKM Masjid di sekitar Bogor sebanyak 45 orang,” tambahnya.

Petugas pemeriksa telah dibekali teori dan praktik pemeriksaan antemortem dan postmortem yang telah dilakukan secara luring di kampus SKHB IPB University. Petugas pemeriksa juga didampingi oleh dosen SKHB untuk melakukan pemantauan sehingga pemeriksaan hewan kurban dapat dilakukan secara professional.

Petugas pemeriksa kesehatan hewan dan daging kurban SKHB disambut baik oleh dinas di wilayah terkait dan menginginkan kerjasama ini terus dilanjutkan di tahun-tahun yang akan datang. Dinas membutuhkan SDM terutama petugas veteriner tiap tahun dalam pelaksanaan Idul Adha guna mengoptimalkan pemeriksaan hewan kurban dan keamanan daging kurban untuk dikonsumsi oleh masyarakat. (ns)